PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN-DIRI UNTUK MATA KULIAH PRODUCTION ÉCRITE PRÉ INTERMÉDIAIRE


Herlina Mayasari , 2301414051 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN-DIRI UNTUK MATA KULIAH PRODUCTION ÉCRITE PRÉ INTERMÉDIAIRE. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN-DIRI UNTUK MATA KULIAH PRODUCTION ÉCRITE PRÉ INTERMÉDIAIRE]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN-DIRI UNTUK MATA KULIAH PRODUCTION ÉCRITE PRÉ INTERMÉDIAIRE) - Published Version
Download (989kB) | Preview

Abstract

Penilaian dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan pengajar mengenai pencapaian hasil belajar dan pembuatan keputusan tentang hasil belajar berdasarkan informasi yang diperoleh. Oleh karena itu, dibutuhkan penilaian yang sesuai untuk mengetahui pencapaian tujuan dari pembelajaran tersebut. Agar tidak terjadi kesalahan dalam penilaian hasil belajar, maka pembelajar juga dapat melakukan penilaian-diri terhadap hasil belajar, yaitu dengan menggunakan penilaian-diri (self-assessment). Namun, sampai saat ini belum tersedia instrumen penilaian-diri bagi pembelajar yang dapat dijadikan referensi dan pelengkap dalam penilaian pada mata kuliah production écrite pré intermédiaire yang merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam pembelajaran bahasa Prancis di prodi pendidikan bahasa Prancis, Universitas Negeri Semarang. Production écrite pré intermédiaire merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menulis untuk mahasiswa semester tiga. Keterlibatan mahasiswa dalam menilai dirinya sendiri dapat memberikan informasi kelebihan dan kekurangannya, untuk selanjutnya kekurangan ini dapat dijadikan sebagai tujuan perbaikan. Rumusan masalahpada penelitian ini adalah apa saja kebutuhan mahasiswa dan dosen terhadap asesmen otentik penilaian-diri, dan bagaimanakah wujud pengembangan asesmen penilaian-diri untuk mata kuliah production écrite pré intermédiaire. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kebutuhan mahasiswa dan dosen terhadap asesmen otentik penilaian-diri, dan mendeskripsikan wujud pengembangan asesmen otentik penilaian-diri untuk mata kuliah production écrite pré intermédiaire. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun peneliti hanya menggunakan lima langkah, yaitu merumuskan potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi desain produk dan revisi desain. Kelima langkah tersebut digunakan untuk membuat instrumen asesmen otentik penilaian-diri untuk mata kuliah production écrite pré intermédiaire. Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa booklet instrumen asesmenotentik penilaian-diri untuk mata kuliah production écrite pré intermédiaire, terdiri dari lima unité yangberpedoman pada materi le nouveau taxi! 2 yang sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester tahun 2016 production écrite pré intermédiaire.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Instrumen, Penilaian-diri, Production écrite pré intermédiaire
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2020 20:32
Last Modified: 20 Jan 2020 20:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34611

Actions (login required)

View Item View Item