PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS KELAS X


Gregorius Bagas Ariyanto , 2301414050 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS KELAS X. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS KELAS X]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS KELAS X) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ular tangga merupakan permainan yang familiar di kalangan pelajar, karena mudah untuk dimainkan dan menyenangkan. Permainan tersebut dapat dikembangkan menjadi permainan edukatif, yang berisikan materi-materi yang disesuaikan dengan silabus bahasa dan sastra Prancis kurikulum 2013 untuk kelas X. Kurikulum 2013 revisi, mendukung penggunaan teknologi dan informasi (TIK) dalam penyampaian materi-materi pembelajaran. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan, pendidik masih menggunakan media berbentuk teks dan teks bergambar untuk mendukung pembelajaran, dan terbatasnya media pembelajaran berbentuk multimedia untuk keterampilan membaca bahasa Prancis kelas X. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan permainan ular tangga berbasis Adobe Flash CS6 untuk dijadikan media pembelajaran yang berisikan materi-materi pembelajaran kelas X pada keterampilan membaca bahasa Prancis. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana wujud media permainan ular tangga berbasis Adobe Flash CS6 untuk keterampilan membaca bahasa Prancis kelas X, dan tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan wujud pengembangan permainan ular tangga berbasis Adobe Flash CS6 untuk keterampilan membaca bahasa Prancis kelas X . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development(R&D). Terdapat sepuluh langkah dalam metode tersebut, karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga, peneliti melaksanakan lima langkah yaitu, menemukan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Penelitian ini menghasilkan media permainan ular tangga berbasis adobe flash cs6 untuk keterampilan membaca bahasa Prancis kelas X yang dapat di gunakan pada perangkat komputer dan berisi materi-materi pembelajaran kelas X. Permainan ini bernama jeu de l’oie, dibuat berdasarkan kebutuhan responden dan saran-saran validator, memuat beberapa halaman permainan, yaitu petunjuk permainan, info permainan, dan halaman main, yang terdiri dari teks dan 50 soal pilihan ganda dengan empat opsi. Permainan tersebut dapat memberikan respons benar atau salah. Produk ini sudah divalidasi oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash CS6, media pembelajaran, membaca, ular tangga.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2020 18:23
Last Modified: 20 Jan 2020 18:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34610

Actions (login required)

View Item View Item