PEMBELAJARAN MANDIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN RESEPTIF MAHASISWA ANGKATAN 2017


Andariani Nur Aisyah , 2301414037 (2019) PEMBELAJARAN MANDIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN RESEPTIF MAHASISWA ANGKATAN 2017. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBELAJARAN MANDIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN RESEPTIF MAHASISWA ANGKATAN 2017]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN MANDIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN RESEPTIF MAHASISWA ANGKATAN 2017) - Published Version
Download (744kB) | Preview

Abstract

Belajar mandiri mendorong pembelajar untuk aktif dalam proses pembelajaran dan mengembangkan potensi yang pembelajar miliki. Di perguruan tinggi UNNES, sistem belajarnya menggunakan sistem satuan kredit semester (SKS). Dan untuk mengetahui keefektifan belajar mahasiswa, diadakan penelitian pelaksanaan tugas mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran mandiri yang diterapkan mahasiswa angkatan 2017 prodi pendidikan bahasa Perancis pada mata kuliah reseptif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan 32 responden.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, semua mahasiswa angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah reseptif melakukan kegiatan belajar mandiri yaitu sebanyak 100% atau 32 mahasiswa. Sebanyak 28 mahasiswa menggunakan bahan belajar dokumen tulis seperti Le Taxi untuk mata kuliah compréhension écrite dan 4 responden menggunakan bahan belajar lain. Sedangkan 27 mahasiswa menggunakan document sonore pada mata kuliah compréhension orale dan 5 responden menggunakan bahan belajar dokumen tulis dan video. Dalam teori ciri-ciri pembelajar mandiri, terdapat 4 kriteria utama sebagai seorang pembelajar yang mandiri. Mahasiswa yang mengambil kedua mata kuliah tersebut telah memenuhi kriteria yang pertama dan kedua yaitu memiliki dorongan internal dan berorientasi tujuan. Sedangkan untuk kriteria yang ketiga dan keempat yaitu terampil mencari bahan belajar dan pandai mengelola diri, mahasiswa belum memenuhi kedua kriteria tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar mandiri, Keterampilan Reseptif.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2020 18:19
Last Modified: 20 Jan 2020 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34609

Actions (login required)

View Item View Item