PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK PENILAIAN-DIRI PADA KETERAMPILAN RESEPTIF PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS XII
Nur Fatih Hidayanti , 2301414026 (2019) PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK PENILAIAN-DIRI PADA KETERAMPILAN RESEPTIF PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS XII. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK PENILAIAN-DIRI PADA KETERAMPILAN RESEPTIF PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS XII)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penilaian-diri adalah suatu cara penilaian di mana peserta didik diminta untuk menilai kemampuan dirinya sendiri yang berkaitan dengan status, proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang telah dipelajarinya dalam proses pembelajaran. Dengan keterlibatan siswa dalam proses penilaian pada dirinya sendiri, siswa akan mengetahui tingkatan penguasaan materi pembelajaran, sehingga membantu siswa untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan dirinya dalam belajar bahasa Prancis. Guru dapat menerapkan evaluasi penilaian-diri agar siswa dapat secara aktif terlibat dalam penilaian hasil belajarnya. Pada keterampilan reseptif pembelajaran bahasa Prancis kelas XII belum adanya instrumen penilaian-diri, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan guru dan peserta didik terhadap instrumen penilaian-diri dan mengembangkan instrumen penilaian-diri pada keterampilan reseptif pembelajaran bahasa Prancis kelas XII. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D), yang mengadopsi lima langkah, yaitu (1) menganalisis potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) membuat desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi produk. Penelitian ini menghasilkan 2 perangkat instrumen penilaian-diri pada keterampilan reseptif pembelajaran bahasa Prancis kelas XII yang berwujud lembaran, masing-masing keterampilan dijilid dan diberi cover, penggunaan bahasa Prancis dan Indonesia dalam produk dan model pengisian instrumen yaitu mencontreng. Produk berisikan instrumen penilaian-diri yang terdiri dari 8 Kompetensi Dasar (KD) untuk pembelajaran 1 tahun. KD 3.1 Féliciter quelqu’un, KD 3.2 Obligation et Sugession, KD 3.3 Objectif, KD 3.4 Demander quelqu’un de faire quelque chose et interdiction, KD 3.5 Texte procedural, KD 3.6 Indicative Futur, KD 3.7 Texte narratif, KD 3.8 Fable Française. Materi tersebut sesuai dengan Silabus SMA/MA Bahasa dan Sastra Prancis kelas XII. Kemudian, rancangan tersebut dikonsultasikan kepada dosen ahli untuk mengetahui kekurangannya. Setelah melakukan revisi sesuai saran dari dosen ahli, rancangan ini juga divalidasi oleh dosen ahli.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asesmen otentik, keterampilan reseptif, pembelajaran bahasa Prancis kelas XII, penilaian-diri |
Subjects: | P Language and Literature > PDA French Languages |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 18:01 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 18:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34606 |
Actions (login required)
View Item |