PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI SEBAGAI LATIHAN MENGIKUTI DELF B2 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR
Rifka Septiyani , 2301414022 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI SEBAGAI LATIHAN MENGIKUTI DELF B2 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI SEBAGAI LATIHAN MENGIKUTI DELF B2 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Lulusan S1 Mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis diharapkan memiliki kompetensi bahasa prancis setara dengan B2. Namun pada penelitian sebelumnya sebagian besar mahasiswa dalam keadaan kurang siap dan memiliki kemampuan reseptif yang rendah pada ujian DELF B1. Hal ini sangat disayangkan, mengingat kemampuan yang diharapkan oleh lulusan S1 Mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis setara dengan B2 agar dapat bersaing di dunia kerja. Sementara itu, mahasiswa mengalami kesulitan untuk mengerjakan latihan DELF B2 pada keterampilan membaca dan tidak dapat mengetahui kemampuan mereka secara langsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan mahasiswa dan dosen terhadap media pembelajaran mandiri pada keterampilan membaca DELF B2 dan mendeskripsikan wujud dari pengembangan media Wondershare Quiz Creator untuk pembelajaran mandiri pada keterampilan membaca DELF B2. Penelitian ini menggunakan metode prosedur penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadopsi tujuh tahap, yakni potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi desain, dan revisi desain, uji coba produk dalam skala kecil, dan revisi produk. Hasil penelitian ini yaitu mahasiswa dan dosen membutuhkan media berupa latihan soal DELF B2 pada keterampilan membaca untuk pembelajaran mahasiswa dalam mengerjakan tes B2. Media yang dihasilkan berisi latihan soal DELF B2 pada keterampilan membaca dalam bentuk flash. Desain produk ini terdiri atas 7 latihan ( 7 tema ) dan 3 tes. Pembelajar diberi durasi waktu sesuai dengan ujian DELF B2 untuk mengerjakan soal, yakni 30 menit untuk satu dokumen dan 60 menit untuk dua dokumen. Setelah pembelajar selesai melakukan latihan, pembelajar akan mengetahui skor secara langsung. Skor total pada tes yakni 25 poin, 12 untuk teks argumentatif dan 13 untuk teks informatif. Latihan ini juga dilengkapi dengan review berupa penjelasan jawaban yang benar. Produk ini telah diuji coba dan mendapatkan penilaian baik dari responden, adapun indikator yang perlu diperbaiki yaitu keserasian background dengan tema teks.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | delf B2, keterampilan membaca, media pembelajaran, pembelajaran mandiri |
Subjects: | P Language and Literature > PDA French Languages |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 14:01 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 14:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34605 |
Actions (login required)
View Item |