PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK PENILAIAN-DIRI KEMAMPUAN RESEPTIF MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS XI


Nisa Erlinda , 2301414004 (2019) PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK PENILAIAN-DIRI KEMAMPUAN RESEPTIF MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS XI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK PENILAIAN-DIRI KEMAMPUAN RESEPTIF MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS XI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK PENILAIAN-DIRI KEMAMPUAN RESEPTIF MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS XI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Sekolah Menengah Atas, penilaian yang saat ini digunakan yaitu penilaian kurikulum 2013. Salah satu karakteristik dalam penilaian hasil belajar pada kurikulum 2013 adalah dengan menggunakan penilaian otentik. Penilaian otentik diartikan sebagai bentuk penilaian yang menerapkan konsep dan teori pada dunia nyata serta mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif. Dalam penilaian otentik terdapat penilaian diri, yaitu penilaian dengan meminta peserta didik untuk menilai dirinya sendiri atas capaian kompetensi belajar yang telah dipelajarinya. Penilaian diri oleh siswa dilakukan untuk membantu guru dalam proses penilaian. Keikutsertaan siswa dalam proses penilaian ini penting karena dapat membantu guru untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Prancis kelas XI melalui dirinya sendiri. Namun, berdasarkan hasil analisis kebutuhan sampai saat ini belum ada instrumen penilaian diri dalam bahasa Prancis siswa kelas XI untuk kemampuan reseptif. Penelitian ini dilakukan sebagaimana untuk melengkapi penelitian sebelumnya yang berfokus pada kemampuan produktif. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah instrumen penilaian diri dalam bahasa Prancis kelas XI pada mata pelajaran bahasa Prancis untuk mengukur kemampuan reseptif yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode RND (Research And Development) dengan melakukan 5 langkah sebagai berikut: tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Untuk mengambil data yang dibutuhkan, dilakukan penyebaran angket analisis kebutuhan untuk siswa dan guru. Hasil data tersebut selanjutnya digunakan untuk membuat produk instrumen penilaian diri siswa. Hasil dari penelitian ini berupa buku instrumen penilaian diri pada mata pelajaran bahasa Prancis siswa kelas XI untuk kemampuan reseptif. Produk tersebut berisi cakupan kompetensi kognitif dan psikomotorik pada kemampuan reseptif, yaitu keterampilan membaca dan keterampilan menyimak. Tahap akhir pada penelitian ini adalah melakukan revisi desain. Hal ini dilakukan setelah produk divalidasi oleh validator. Hal yang perlu direvisi dalam produk berupa: aspek tampilan, isi, materi, dan format tabel dalam penilaian-diri. Setelah produk direvisi maka selanjutnya produk dapat digunakan oleh siswa dalam hal penilaian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Prancis, Kemampuan reseptif, Penilaian-Diri, Penilaian Otentik.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2020 13:54
Last Modified: 20 Jan 2020 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34603

Actions (login required)

View Item View Item