ANALISIS KESESUAIAN ALAT EVALUASI DENGAN KD DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA RPP BUATAN MAHASISWA PPL 2017


Yoga Dwi Pangestu , 2301413047 (2019) ANALISIS KESESUAIAN ALAT EVALUASI DENGAN KD DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA RPP BUATAN MAHASISWA PPL 2017. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KESESUAIAN ALAT EVALUASI DENGAN KD DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA RPP BUATAN MAHASISWA PPL 2017]
Preview
PDF (ANALISIS KESESUAIAN ALAT EVALUASI DENGAN KD DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA RPP BUATAN MAHASISWA PPL 2017) - Published Version
Download (690kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan intra kulikuler yang wajib diikuti oleh mahasiswa Program Studi Kependidikan Universitas Negeri Semarang. Sebagai seorang pengajar, mahasiswa PPL wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai salahsatu syarat melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dalam proses penyusunan RPP pengajar harus memperhatikan ketercapaian kompetensi dasar (KD) yang dijabarkan dalam indikator pencapaian kompetensi, sedangkan ketercapaian indikator kompetensi dapat dilihat dari alat evaluasinya. Alat evaluasi dapat berupa tes, tes yang baik seharusnya disusun berdasarkan KD dan inidkator pencapaian kompetensi. Dengan demikian untuk mengetahui sesuai atau tidaknya alat evaluasi dengan KD dan indikator pencapaian kompetensi maka diperlukan analisis kesesuaianya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian indikator pencapaian kompetensi dengan KD dan alat evaluasi dengan indikator pencapaian kompetensi pada RPP buatan mahasiswa PPL 2017. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah alat evaluasi dan indikator pencapaian kompetensi. Sumber data dalam penelitian ini adalah alat evaluasi dan indikator pencapaian kompetensi pada RPP buatan mahasiswa PPL 2017. Untuk memperoleh data digunakan teknik dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dari 30 indikator pencapaian kompetensi, 20 indikator atau 66,7% sudah sesuai dengan kompetensi dasar dan 10 indikator atau sekitar 33,3% belum sesuai dengan kompetensi dasar. (2) Dari 17 alat evaluasi, 11 atau 64,7% alat evaluasi sudah sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi dan 6 atau 35,33% alat evaluasi tidak sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat evaluasi, Indikator pencapaian kompetensi, Kompetensi dasar
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2020 13:46
Last Modified: 20 Jan 2020 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34601

Actions (login required)

View Item View Item