KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ROMAN PHOTO UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA AL-FATTAH SEMARANG


Maulida Arum Sari , 2301413022 (2019) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ROMAN PHOTO UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA AL-FATTAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ROMAN PHOTO UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA AL-FATTAH SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ROMAN PHOTO UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA AL-FATTAH SEMARANG) - Published Version
Download (755kB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh para pembelajarnya. Membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi melalui wacana tulis. Oleh karena itu guru harus mencari cara agar pembelajaran menarik. Ada banyak variasi media yang digunakan dalam pembelajaran membaca, salah satunya yaitu media roman photo. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media roman photo dalam keterampilan membaca pemahaman bahasa Prancis pada siswa kelas X SMA Al-Fattah, Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah static grup comparison. Responden dalam penelitian ini sejumlah 24 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. 12 siswa sebagai responden kelompok kelas kontrol dan 12 siswa sebagai responden kelompok eksperimen. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menguji reliabilitas tes dalam penelitian ini digunakan teknik pengulangan tes (test-retest), yaitu dengan cara memberikan dua kali tes kepada responden yang sama agar tingkat kepercayaan instrumen tesebut benar-benar dapat dibuktikan ketetapannya sebagai sebuah instrumen. Hasil tersebut dikorelasikan menggunakan rumus korelasi product moment. Setelah mengetahui instrumen yang digunakan reliabel, dilakukan pengambilan data pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil dari keduanya dianalisis menggunakan rumus t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung =1,65 sedangkan ttabel untuk N= 12 dengan derajat kebebasan (db) = N-1 = 23 adalah 2,07 degan menggunakan pengetesan satu ekor dengan konsultasi 0,95. Karena thitung kurang dari ttabel (thitung =1,65 < ttabel 2,07) maka hipotesis kerja yang berbunyi “media roman photo efektif dalam keterampilan membaca pemahaman bahasa Prancis siswa kelas X SMA Al-Fattah Semarang” tidak diterima. Faktor yang mungkin mempengaruhi ketidakefektifan tersebut yaitu: (1) terdapat kelemahan atau kekurangan pada media dan langkah saat pemberian treatment, (2) peneliti tidak melakukan uji homogenitas pada kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen sebelum melakukan penelitian, dan (3) dugaan bahwa kemampuan bahasa Prancis siswa kelompok kelas kontrol lebih baik dari pada kelompok kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media roman photo, membaca pemahaman, siswa
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2020 13:39
Last Modified: 20 Jan 2020 13:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34599

Actions (login required)

View Item View Item