PENGARUH KEDISIPLINAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL
Siti Puji Rahayu , 1401415193 (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KEDISIPLINAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar adalah perubahan yang dialami siswa karena adanya pengalaman belajar dan kemampuan yang belum dimiliki siswa sebelumnya. Terdapat dua faktor yang memengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang bersumber dari dalam diri siswa yang sedang belajar, salah satunya adalah kedisiplinan. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor luar yang bersumber dari luar diri siswa yang sedang belajar, salah satunya adalah lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar PPKn SD se-Gugus Cipto Mangunkusumo Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 108. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket tertutup, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Uji prasayat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana, regresi ganda, koefisien determinan, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kedisiplinan terhadap hasil belajar PPKn dengan perolehan nilai thitung > ttabel (7,503 > 1,983) dengan sumbangan pengaruh yang diberikan variabel kedisiplinan terhadap hasil belajar PPKn sebesar 34,7%. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar PPKn dengan perolehan nilai thitung > ttabel (12,434> 1,983), dan sumbangan pengaruh yang diberikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar PPKn sebesar 59,3%. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar PPKn, perolehan nilai Fhitung > Ftabel (98,230 > 3,082), dengan sumbangan pengaruh mencapai 65,2% Simpulannya yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar PPKn. Guru diharapkan dapat menumbuhkan kedisiplinan siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, agar mendapatkan hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Kedisiplinan, Lingkungan Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 15:48 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 15:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34595 |
Actions (login required)
View Item |