PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL


Nur Ishlakh Shufani , 1401415188 (2019) PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan pada diri siswa setelah mengalami proses belajarnya, yang ditandai dengan bertambahnya beberapa aspek seperti pengetahuan, sikap, atau keterampilan. Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu dari dalam dan dari luar. Faktor dari dalam diri siswa yang dapat memengaruhi hasil belajar diantaranya yaitu kreativitas dan motivasi belajar. Tingginya kreativitas dan motivasi belajar siswa maka akan berpengaruh terhadap perolehan hasil belajar yang tinggi pula. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar seni rupa siswa; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar seni rupa siswa; (3) pengaruh kreativitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar seni rupa. Expost facto merupakan metode yang dipilih untuk digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-Dabin I Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 241 siswa. Pengambilan sampel sebanyak 157 siswa menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kreativitas dan motivasi belajar, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar seni rupa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan angket. Instumen penelitian berupa pedoman wawancara, dokumentasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 16. Telah memenuhi ujii prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji analisis akhir yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis regresi ganda, analisis korelasi ganda, analisis determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas terhadap hasil belajar seni rupa siswa, dengan kontribusi sebesar 41,4%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar seni rupa siswa, dengan kontribusi sebesar 54,4%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar seni rupa siswa, dengan kontribusi sebesar 60%. Jika nilai kreativitas dan motivasi belajar meningkat, maka hasil belajar seni rupa siswa juga meningkat. Guru dan pihak sekolah disarankan dapat mengembangkan dan melatih daya kreativitas serta meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, menarik, bermakna dan mendukung proses berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Seni Rupa, Kreativitas, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2020 15:45
Last Modified: 16 Jan 2020 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34594

Actions (login required)

View Item View Item