PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL


Anisatul Mahmudah , 1401415187 (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (651kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar yang diperoleh siswa merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor yang mempengaruhi, diantaranya faktor kecerdasan emosional dan kesiapan belajar. Setiap manusia memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, sehingga kesiapan belajar siswa menjadi bervariasi, hal ini menyebabkan hasil belajar yang didapatkan juga berbeda-beda. Seperti halnya dengan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas III SD Negeri se-Gugus Cut Nyak Dien Kecammatan Margasari Kabupaten Tegal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri se-Gugus Cut Nyak Dien Kecammatan Margasari Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto, dengan populasi penelitian berjumlah 173 siswa sekolah dasar. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 121 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal, dengan persentase pengaruh sebesar 3,2%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal, dengan persentase pengaruh sebesar 62,9%; (3)Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal, dengan persentase pengaruh sebesar 63%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Kecerdasan Emosional, Kesiapan Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2020 15:42
Last Modified: 16 Jan 2020 15:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34593

Actions (login required)

View Item View Item