HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG
Fahri Zatul Umami , 1401415186 (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil risetProgram For International Student Assesment (PISA), Indonesia berada pada peringkat 62 dari 70 negara. Selain itu. hasil survei Ujian nasional periode 2004-2013 75% terdeteksi kecurangan. Hal tersebut sejalan dengan permasalahan yang ditemukan peneliti bahwa kebiasaan dan kemandirian belajar siswa masih kurang optimal serta prestasi belajar IPS masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS; (2) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS; (3) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Semarang sebanyak 141 siswa dan diambil sampel sebanyak 104 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakanangket, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Analisis awal menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji t dan uji f. Hasil analisis data menggunakan rumus product Moment, berbantuan Microsoft Excel dan program IBM SPSS Statistics 22, diperoleh(1) terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS nilai r hitung> r tabel (0,722 > 0,192) termasuk kategori kuat, serta berkontribusi sebesar 52,1%. (2) terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS, nilai r hitung> r tabel(0,569 > 0,192) termasuk kategori sedang, serta berkontribusi sebesar 32,4%. (3) terdapat hubungan antara kebiasaandan kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS, nilai r hitung> r tabel (0,747> 0,192)termasuk kategori kuat, serta berkontribusi sebesar 55,9%. Simpulan penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaandankemandirian belajar dengan prestasi belajarIPS. Saran bagi siswa diharapkan meningkatkan kemandirian dan menerapkan kebiasaan belajar yang baik, serta bagi guru, sekolah dan orang tua mampu mendukung siswa baik dalam memotivasi meningkatkan kemandirian dan kebiasaan belajar yang baik agar mendapatkan hasil yang maksimal.Diharapkan pula penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi mengembangkan penelitian selanjutnya yang sejenis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci :; kebiasaan belajar; kemandirian belajar; prestasi belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 15:39 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 15:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34592 |
Actions (login required)
View Item |