MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD NEGERI NGALIYAN 03 KOTA SEMARANG


Fani Oktavianti , 1401415183 (2019) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD NEGERI NGALIYAN 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD NEGERI NGALIYAN 03 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD NEGERI NGALIYAN 03 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (859kB) | Preview

Abstract

SDN Ngaliyan 03 Kota Semarang merupakan salah satu SD percontohan nasional di Indonesia. Predikat ini diperoleh SDN Ngaliyan 03 berdasarkan pada prestasi-prestasi yang telah diraih, khususnya dalam bidang ekstrakurikuler. Meskipun SDN Ngaliyan 03 memiliki keterbatasan tenaga pengajar, anggaran, serta sarana dan prasarana, namun hal ini tidak menghalanginya untuk meraih berbagai prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling) manajemen peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler di SDN Ngaliyan 03 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengampu ekstrakurikuler, peserta didik ekstrakurikuler, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara, form catatan lapangan, dan angket. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferbilitas, dan uji komfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi: data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing and verifying. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) perencanaan manajemen peserta didik dalam kategori kurang karena tidak dilaksanakan analisis kebutuhan dan seleksi peserta didik, (2) pengorganisasian manajemen peserta didik dalam kategori sangat baik, setiap kegiatan ekstrakurikuler melaksanakan orientasi peserta didik dan mengelompokkan peserta didik, (3) pelaksanaan manajemen peserta didik dalam kategori sangat baik, pembinaan dan pengembangan minat dan bakat dilaksanakan dalam ekstrakurikuler pramuka, paskibra, dan bahasa Inggris, (4) pengawasan manajemen peserta didik dalam kategori sangat baik, kepala sekolah melakukan pengawasan dibantu pengampu ekstrakurikuler. Simpulan penelitian bahwa secara keseluruhan manajemen peserta didik dalam pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler dalam kategori baik, dengan rincian perencanaan dalam kategori kurang, dan pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dalam kategori sangat baik. Saran untuk ekstrakurikuler pramuka hendaknya menambah tenaga pelatih, sedangkan untuk ekstrakurikuler paskibra dan bahasa Inggris diharapkan dapat melakukan pemilihan ketua untuk masing-masing kelompok sebagai penanggung jawab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Peserta Didik; Minat Bakat; Ekstrakurikuler
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2020 15:30
Last Modified: 16 Jan 2020 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34591

Actions (login required)

View Item View Item