PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DAN PENINGKAT KEDISIPLINAN SISWA ERA MILLENIAL KELAS V SDN NGADIRGO 01 KOTA SEMARANG
Merliana Putri Rahayu , 1401415180 (2019) PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DAN PENINGKAT KEDISIPLINAN SISWA ERA MILLENIAL KELAS V SDN NGADIRGO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DAN PENINGKAT KEDISIPLINAN SISWA ERA MILLENIAL KELAS V SDN NGADIRGO 01 KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (901kB) | Preview |
Abstract
Proses pembentukan manusia seutuhnya dibutuhkan tiga jalur pendidikan yang saling mendukung perkembangan aspek afektif/ karakter, kognitif/ pengetahuan dan psikomotorik/ keterampilan. Jalur tersebut dapat berupa pendidikan formal yang didukung pendidikan informal dan nonformal. Salah satu pendidikan nonformal yang dapat mengembangkan bakat dan karakter siswa adalah ekstrakurikuler, khususnya pramuka. Ekstrakurikuler pramuka merupakan ekstrakurikuler yang melatih dan lebih menekankan pengembangan aspek afektif nasionalis dan psikomotorik. Tujuan diadakannya penelitian ini guna mendeskripsikan peran ekstrakurikuler pramuka, penguatan pendidikan karakter bangsa dan peningkat kedisiplinan siswa era millenial di SDN Ngadirgo 01. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penilitian ini merupakan siswa era millenial kelas V SDN Ngadirgo 01, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Siswa terdiri atas 17 siswi dan 23 siswa. Pengumpulan data melalui teknik observasi partisipasi, wawancara semi-terstruktur dan FGD (Forum Group Discussion), angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis induktif yang mengaitkan data yang didapat dengan teori yang berlaku. Teknik keabsahan data terdiri atas derajat kepercayaan, kecukupan bahan referensi, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pramuka mampu berperan sebagai metode alternatif guna menanamkan dan membentuk kepribadian siswa yang sesuai dengan 18 karakter bangsa. Metode internalisasi pramuka ke dalam pembelajaran dan kehidupan di luar kelas dinilai lebih efektif. Pramuka secara perlahan mampu sebagai program penunjang penguatan pendidikan karakter. Didalamnya terdapat proses pendidikan dan penyadaran atas apa yang telah dilakukan siswa, sehingga karakter yang ada didalam diri siswa bukan berupa pengetahuan atau angan- angan saja. Pramuka cukup berperan sebagai peningkat kedisiplinan siswa. Hal ini dibuktikan dengan ketaatan siswa terhadap tata tertib yang berangsur- angsur diamalkan dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa peran pramuka memang cukup signifikan sebagai penguatan pendidikan karakter dan peningkat kedisiplinan siswa era millenial. Peran pramuka akan lebih efektif jika diberi dukungan berupa peneladanan dan pembiasaan yang baik dari lingkungan sekitarnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Penguatan pendidikan karakter; Peningkat kedisiplinan; Peran ekstrakurikuler pramuka |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 15:27 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 15:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34590 |
Actions (login required)
View Item |