Efektivitas Pemanfaatan Media KIT IPA Model SEQIP pada Pembelajaran IPA Salah Satu Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI B Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus 02 Semarang.

Antonius Hariyanto, 1401901083 (2005) Efektivitas Pemanfaatan Media KIT IPA Model SEQIP pada Pembelajaran IPA Salah Satu Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI B Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efektivitas Pemanfaatan Media KIT IPA Model SEQIP pada Pembelajaran IPA Salah Satu Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI B Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus 02 Semarang.) - Published Version
Download (71Kb)

    Abstract

    Media atau alat peraga merupakan salah satu alat yang teramat penting dan tak dapat ditiadakan dalam pencapaian keberhasilan pembelajaran IPA (sains) di tingkat sekolah dasar yang siswanya belum mempunyai daya nalar tinggi. Karena sesuai dengan fungsinya, media dapat mengantarkan siswa pada suatu proses inkuiri yang berakhir pada meningkatnya prestasi belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media KIT IPA Model SEQIP pada pembelajaran IPA dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI B Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus 02 Semarang; (2) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas dan keterampilan IPA pada siswa Kelas VI B Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus 02 Semarang setelah memanfaatkan KIT IPA model SEQIP. Penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart..Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI B Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus 03 Semarang. Keseluruhan populasi ada 48 anak. Penetapan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus yang terdiri atas 6 (enam) kali pertemuan atau lebih. Pengumpulan data dengan tes dan nontes yang terdiri atas teknik observasi dan teknik dokumentasi. Analisis data dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data yang berupa nilai tes yang menggambarkan kemampuan siswa dalam memahami IPA pokok bahasan Energi adalah dengan menggunakan t tes., sedangkan analisis kualitatif dilakukan terhadap hasil observasi aktivitas dan keterampilan siswa maupun guru. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Efektivitas pemanfaatan media KIT IPA model SEQIP pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa Kelas VI B Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus 02 Semarang. Hal ini ditandai oleh meningkatnya rerata nilai sebelum dan setelah mengefektifkan media. Rerata nilai sebelum mengefektifkan media adalah 6,95. Sedangkan rerata nilai setelah mengefektifkan media, pada siklus I adalah 7,37, pada siklus II adalah 7,98, dan pada siklus III adalah 8,58; (2) Efektifitas pemanfaatan media KIT IPA model SEQIP pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan siswa Kelas VI B maupun guru Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus 02 Semarang. Hal ini ditandai oleh meningkatnya aktivitas dan keterampilan siswa maupun guru sebelum dan setelah mengefektifkan media pada setiap siklus yang pengukurannya secara kualitatif. Berdasarkan simpulan di atas disarankan: (1) Bagi Diknas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah hendaknya mensosialisasikan media KIT IPA model SEQIP pada Sekolah Dasar untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran IPA sehingga semakin meningkatkan prestasi belajar siswa, meningkatkan aktivitas dan keterampilan siswa maupun guru sekolah dasar yang bersangkutan; (2) Bagi guru sekolah dasar hendaknya mengefektifkan media KIT IPA model SEQIP dalam menyampaikan materinya guna mencapai tujuan pembelajaran IPA; (3) Bagi Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus 02 Semarang hendaknya berupaya menyediakan media KIT IPA model SEQIP.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, KIT IPA Model SEQIP
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 16 Aug 2011 02:40
    Last Modified: 16 Aug 2011 02:40

    Actions (login required)

    View Item