KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM POSING DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT SISWA KELAS IV SDN 02 PENER


Rukhmini Nur Hidayah , 1401415178 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM POSING DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT SISWA KELAS IV SDN 02 PENER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM POSING DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT SISWA KELAS IV SDN 02 PENER]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM POSING DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT SISWA KELAS IV SDN 02 PENER) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurangnya keberhasilan pembelajaran matematika yaitu guru kurang berinovatif dalam mengemas pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif pada pembelajaran matematika. Akibatnya kurang membangkitkan motivasi dan hasil belajar kurang optimal. Oleh karena itu perlu inovasi dalam pembelajaran yaitu menerapkan model Problem Posing. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Posing dalam pembelajaran matematika kelas IV di SDN 02 Pener. Desain eksperimen menggunakan Quasi Experimental yaitu nonequivalent control group design. Populasi yaitu siswa kelas IV SDN 02 Pener dan SDN 03 Pener dengan jumlah 71 siswa. Sampel menggunakan sampling jenuh. Uji coba pada kelas IV SDN 01 Pener. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Sudah memenuhi uji prasyarat. Teknik analisis data menggunakan pengujian hipotesis berupa uji perbedaan dan uji keefektifan. Hasil pengujian hipotesis perbedaan motivasi belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,354 > 1,994) dengan signifikansi 0,001 < 0,05 dan ditinjau dari hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,046 > 1,994) dengan signifikansi 0,045 < 0,05 kesimpulan H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan yang signifikan motivasi dan hasil belajar matematika materi pengukuran sudut siswa kelas IV, sedangkan uji keefektifan ditinjau dari motivasi belajar matematika menunjukkan thitung > ttabel (4,806 > 2,028) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan ditinjau dari hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,699 > 2,028) dengan signifikansi 0,011 kesimpulan H0 ditolak sehingga motivasi dan hasil belajar matematika materi pengukuran sudut siswa kelas IV yang menggunakan model Problem Posing lebih tinggi daripada yang menggunakan menggunakan model konvensional. Kesimpulan yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan antara model problem posing dengan model konvensional ditinjau dari motivasi dan hasil belajar matematika materi pengukuran sudut siswa kelas IV SDN 02 Pener. Siswa yang diajarkan dengan model problem posing motivasi dan hasil belajarnya lebih tinggi dan lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Saran bagi guru khusunya dalam kegiatan mengajukan masalah, guru harus memfasilitasi siswa contoh-contoh pertanyaan yang lebih banyak dengan menggunakan gambar dan benda konkret.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Model Problem Posing; Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2020 15:03
Last Modified: 16 Jan 2020 15:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34589

Actions (login required)

View Item View Item