KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SBK SISWA KELAS V SD NEGERI LAWATAN 01 KABUPATEN TEGAL


Rizky Nur Azizah , 1401415176 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SBK SISWA KELAS V SD NEGERI LAWATAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SBK SISWA KELAS V SD NEGERI LAWATAN 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SBK SISWA KELAS V SD NEGERI LAWATAN 01 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (903kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang dalam proses pembelajaran SBK yaitu guru yang kurang inovatif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik mengikuti pelajaran SBK. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran SBK, yang salah satunya menerapkan model pembelajaran SAVI. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran SAVI dibanding dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran SBK materi memainkan alat musik ritmis dan melodis di kelas V SD Negeri Lawatan 01 Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen yang berbentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data ini menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Dalam teknik analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas, serta analisis akhir terdiri dari uji perbedaan dan keefektifan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB di SD Negeri Lawatan 01 sebanyak 43 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan minat dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan thitung > ttabel (2,315 > 2,020) dan nilai signifikansi 0,025 < 0,05, sedangkan uji keefektifan terhadap minat belajar menggunakan uji One Sample t-test menunjukkan nilai thitung > ttabel (3,547 > 2,093). Dari hasil perhitungan data minat belajar di kelas eksperimen memperoleh rata-rata 67,8 dan di kelas kontrol rata-rata 62,13, dapat diperoleh rata-rata populasi 64,95%. Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan thitung > ttabel (4,765 > 2,020) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan uji keefektifan terhadap hasil belajar menggunakan uji One Sample t-test menunjukkan nilai thitung > ttabel (8,141> 2,093). Berdasarkan perhitungan data hasil belajar di kelas ekperimen dapat diperoleh rata-rata 81,95 dan di kelas kontrol rata-rata 67,61, dapat diperoleh rata-rata populasi 74,78%. Dapat disimpulkan model pembelajaran SAVI efektif terhadap minat dan hasil belajar SBK materi memainkan alat musik ritmis dan melodis pada siswa kelas V. Oleh karena itu, disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa khususnya untuk mata pelajaran SBK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Minat Belajar, Model Pembelajaran SAVI
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2020 15:00
Last Modified: 16 Jan 2020 15:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34588

Actions (login required)

View Item View Item