PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MELISANKAN PUISI PRIBADI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) UNTUK SISWA KELAS IV SDN PROYONANGGAN 01


Sri Wahyu Lestari , 1401415170 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MELISANKAN PUISI PRIBADI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) UNTUK SISWA KELAS IV SDN PROYONANGGAN 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MELISANKAN PUISI PRIBADI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) UNTUK SISWA KELAS IV SDN PROYONANGGAN 01]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MELISANKAN PUISI PRIBADI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) UNTUK SISWA KELAS IV SDN PROYONANGGAN 01) - Published Version
Download (666kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemukan di SD Proyonanggan 01 adalah (1) nilai keterampilan melisankan puisi pribadi siswa kurang; (2) bahan ajar terbatas; (3) guru belum menggunakan pendekatan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan desain pengembagan buku panduan melisankan puisi pribadi; (2) menguji kelayakan buku panduan melisankan puisi pribadi; (3) mengetahui keefektifan buku panduan melisankan puisi pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan delapan tahapan penelitian dengan mengacu pada sepuluh tahap pelaksanaan pengembangan dengan teori Borg dan Gall. Metode penelitian pengembangan yang digunakan terdiri atas: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, dan 8) uji coba pemakaian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data awal, analisis data produk, dan analisis data akhir. Hasil uji kelayakan buku panduan yaitu dari ahli media mendapatkan persentase 90,6% dan penilaian ahli materi mendapatkan persentase 96,4%. Angket tanggapan siswa dan guru yang menyatakan bahwa buku panduan berada pada kriteria sangat efektif. Untuk hasil uji keefektifan atau uji coba terbatas diperoleh dari nilai rata-rata keterampilan melisankan puisi pribadi siswa sebelum (pretest) adalah 62,6 dan sesudah (postest) adalah 84,2. Buku panduan melisankan puisi pribadi menggunakan pendekatan SAVI terbukti efektif dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 14,475 dan peningkatan rata-arata melalui uji n-gain sebesar 0,58. Simpulan penelitian ini adalah buku panduan melisankan puisi pribadi menggunakan pendekatan SAVI efektif untuk pembelajaran melisankan pusi siswa di kelas IV SD. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya mengembangkan bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia yang bervariasi agar pemahaman dan keterampilan berbahasa siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, melisankan puisi pribadi, pendekatan SAVI
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2020 14:53
Last Modified: 16 Jan 2020 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34585

Actions (login required)

View Item View Item