PELAKSANAAN ASESMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD PIUS KOTA TEGAL


Ayu Sulistyowati , 1401415169 (2019) PELAKSANAAN ASESMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD PIUS KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN ASESMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD PIUS KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PELAKSANAAN ASESMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD PIUS KOTA TEGAL) - Published Version
Download (836kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsi pelaksanaan asesmen pembelajaran matematika berdasarkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam Kurikulum 2013 di kelas IV dan V SD Pius Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi pelaksanaan asesmen, hambatan dalam pelaksanaan asesmen, dan memaparkan solusi dari hambatan dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan V, serta peserta didik kelas IV dan V SD Pius Kota Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu uji kredibilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas, dan uji transferabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh informasi bahwa (1) guru sudah melaksanakan asesmen pembelajaran matematika, meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik; dan (2) pelaksanaan asesmen belum dilakukan secara komprehensif/keseluruhan terhadap semua ranah dan belum sesuai dengan silabus dan RPP. Hambatan dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran matematika berdasarkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, sebagai berikut: (1) alokasi waktu pembelajaran matematika tidak sebanding dengan banyaknya materi pelajaran matematika yang harus disampaikan oleh guru kepada peserta didik; (2) banyaknya tuntutan tugas guru dalam penilaian Kurikulum 2013; serta (3) ketertarikan dan minat peserta didik yang kurang dalam mengikuti pembelajaran matematika. Solusi dari hambatan tersebut sebagai berikut: (1) guru sebaiknya menyusun RPP dan membuat lembar penilaian pembelajaran matematika secara terpadu yang sesuai dengan perkembangan peserta didik; (2) guru sebaiknya mengatur alokasi waktu dalam pembelajaran; serta (3) guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang komunikatif dan bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen; Kurikulum 2013; Pembelajaran matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2020 14:44
Last Modified: 16 Jan 2020 14:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34583

Actions (login required)

View Item View Item