PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Meinar Lasmi Handayani , 1401415166 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indikator keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang tinggi. Berdasarkan data empirik, diperoleh informasi bahwa hasil belajar PPKn siswa di SD se-Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal masih belum optimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah lingkungan belajar dan disiplin belajar siswa yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD se- Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi meliputi siswa kelas IV SD se-Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yang berjumlah 191 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling, sehingga dihasilkan sampel sebanyak 134 siswa. Telah memenuhi uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar PPKn, yang dibuktikan dari perolehan thitung > ttabel (3,490 > 1,978) dengan pengaruh sebesar 8,5%; (2) terdapat pengaruh positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn, yang dibuktikan dari perolehan thitung > ttabel (4,681 > 1,978) dengan pengaruh sebesar 14,2%; (3) terdapat pengaruh positif antara lingkungan belajar dan hasil belajar PPKn, yang dibuktikan dari perolehan Fhitung > Ftabel (10,967 > 3,065) dengan pengaruh sebesar 14,3%. Disimpulkan bahwa lingkungan belajar dan disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD se-Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Saran dari peneliti, ditujukan untuk lingkungan keluarga, sekolah hendaknya dapat melakukan kerja sama dengan orang tua untuk mengoptimalkan belajar siswa dengan cara memenuhi kebutuhan belajar siswa. Ditujukan untuk lingkungan sekolah, sekolah hendaknya membangun karakter peduli terhadap sesama siswa terutama kepada siswa yang mengalami kesulitan. Ditujukan untuk lingkungan masyarakat, sekolah hendaknya memberikan himbauan atau mengajak masyarakat sekitar untuk lebih meningkatkan kepedulian sosial dalam mencegah perilaku membolos siswa dan perilaku bermain yang menggangu belajar khususnya pada malam hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, hasil belajar PPKn, lingkungan belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2020 13:27
Last Modified: 16 Jan 2020 13:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34581

Actions (login required)

View Item View Item