KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN MEJASEM TIMUR 02
Diva Aprilianingtyas , 1401415162 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN MEJASEM TIMUR 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN MEJASEM TIMUR 02)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang memuat materi berupa konsep yang bersifat abstrak, sehingga diperlukan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami materi dan meningkatkan motivasi belajar. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media prezi. Media ini berbentuk presentasi yang mempunyai program Zooming User Interface (ZUI) yaitu kelebihan dapat memperkecil dan memperbesar tampilan, sehingga siswa lebih fokus terhadap media yang ditampilkan oleh guru pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan media prezi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Mejasem Timur 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Teknink analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan homogenitas, sera analisis akhir berupa pengujian hipotesis yaitu uji perbedaan dan uji keefektifan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Mejasem Timur 02 tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 42 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan motivasi belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan > (3,952 > 2,021) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05), sedangkan uji keefektifan terhadap motivasi belajar menggunakan One Sample t-test menunjukkan > (7,192 > 1,729). Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan nilai > (2,143 > 2,021) dan nilai signifikansi 0,038 < 0,05, sedangkan uji keefektifan terhadap hasil belajar menggunakan uji One Sample t-test menunjukkan nilai > (3,310 > 1,729). Dapat disimpulkan bahwa media prezi efektif terhadap motivasi dan hasil belajar IPA materi daur air pada siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media prezi; motivasi belajar; hasil belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 20:37 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 20:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34579 |
Actions (login required)
View Item |