PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS V SD DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Itha Malikhatun , 1401415161 (2019) PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS V SD DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS V SD DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS V SD DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL) - Published Version
Download (484kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pelakasanaan proses pembelajaran bisa dinilai melalui perolehan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar merupakan perubahan yang diperoleh peserta didik setelah melakukan kegiatan belajar. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar diantaranya minat belajar dan kebiasaan belajar. Peserta didik yang memiliki minat terhadap suatu mata pelajaran maka ia akan berusaha untuk memeroleh hasil belajar yang baik. Begitu juga peserta didik yang memiliki kebiasaan belajar yang teratur maka akan memengaruhi pula hasil belajar yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar PPKn peserta didik kelas V SD Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Expost Facto. Populais dalam penelitian ini sejumlah 173 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 125 peserta didik yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin dan Propotionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar PPKn dan angket yang menggunakan skala likert 4 untuk data minat belajar dan kebiasaan belajar. Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar PPKn dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 18,381 > 1,9796. Presentase sumbangan pengaruh Minat Belajar terhadap hasil belajar PPKn sebesar 73,3%; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar PPKn dengan hasil penelitian diperoleh thitung> ttabel 9,441 > 1,9796. Presentase sumbangan pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap hasil belajar PPKn sebesar 42%; serta (3) Ada pengaruh yang signifikan antara minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar PPKn dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung> Ftabel 174,247 >3,071.Presentase sumbangan pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar PPKn sebesar 74,1%. Simpulan dari penelitian ini adalah minat belajar dan kebiasaan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PPKn peserta didik kelas V SD Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal. Saran dari peneliti, sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dan bekerja sama dengan orang tua untuk memastikan kegiatan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PPKn, Kebiasaan Belajar, Minat Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2020 20:34
Last Modified: 15 Jan 2020 20:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34578

Actions (login required)

View Item View Item