PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET BERBASIS TAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 WANAYASA


Defingatun , 1401415160 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET BERBASIS TAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 WANAYASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET BERBASIS TAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 WANAYASA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET BERBASIS TAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 WANAYASA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Muatan pembelajaran IPS di SD kelas V pada tema 8 adalah materi yang membahas tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN 1 Wanayasa ditemukan bahwa guru kelas belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif pada pembelajaran IPS dan hanya menggunakan buku guru, buku siswa, dan buku IPS Terpadu sebagai buku bacaan materi. Hal tersebut berdampak pada minat siswa terhadap pembelajaran IPS kurang dan berdampak pada kurangnya kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media kartu kuartet berbasis Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (RnD) dengan model Sugiyono. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Wanayasa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Wanayasa dan sudah dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2019. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik tes dan nontes berupa wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan media kartu kuartet berbasis Team Assisted Individualization (TAI) mendapatkan persentase penilaian kelayakan media dari ahli media sebesar 98,89% dan ahli materi sebesar 88,89% dengan kriteria sangat layak. Pada hasil tanggapan siswa dan guru menunjukan persentase 92,3% dan 94,4% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji keefektifan media, terdapat peningkatan terhadap kemampuan berpikir kreatif yang memperoleh indeks N-Gain sebesar 0,656 dalam kriteria sedang pada kelompok kecil dan memperoleh indeks N-Gain 0,661 dalam kriteria sedang pada kelompok besar. Selain itu, terdapat pula peningkatan terhadap hasil belajar siswa dengan memperoleh indeks N-Gain sebesar 0,535 dalam kriteria sedang pada kelompok kecil dan memperoleh indeks N-Gain sebesar 0,628 dalam kriteria sedang pada kelompok besar. Simpulan penelitian adalah media kartu kuartet berbasis Team Assisted Individualization (TAI) layak digunakan dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media kartu kuartet berbasis Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan materi yang akan diajarkan dan digunakan sesuai dengan panduan penggunaan media kartu kuartet berbasis Team Assisted Individualization (TAI).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPS; kemampuan berpikir kreatif; media kartu kuartet; Team Assisted Individualization (TAI).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2020 20:31
Last Modified: 15 Jan 2020 20:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34577

Actions (login required)

View Item View Item