PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PPKn SISWA KELAS V SDN PEKUWON PATI


Vira Setyaningrum , 1401415157 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PPKn SISWA KELAS V SDN PEKUWON PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PPKn SISWA KELAS V SDN PEKUWON PATI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PPKn SISWA KELAS V SDN PEKUWON PATI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data dokumentasi dengan guru kelas V SDN Pekuwon Pati diperoleh bahwa guru kelas belum menggunakan media dan model pembelajaran yang menarik pada pembelajaran PPKn. Kurang adanya pembahasan lebih lanjut. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media permainan monopoli berbasis STAD. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model Sugiyono. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pekuwon Pati. Sampel penelitian adalah sampel jenuh. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pekuwon Pati dan sudah dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2019. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik tes dan nontes berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan media permainan monopoli berbasis STAD mendapatkan persentase penilaian kelayakan media dari ahli materi sebesar 97% dan ahli materi sebesar 100% dengan kriteria sangat layak. Pada uji keefektifan media terdapat peningkatan terhadap kemampuan berpikir kreatif yang memperoleh indeks n-gain sebesar 0,558 dengan kriteria sedang pada kelompok kecil dan memperoleh indeks n-gain sebesar 0,512 dalam kriteria sedang pada kelompok besar. Selain itu terdapat pula peningkatan terhadap hasil belajar siswa dengan memperoleh indeks n-gain sebesar 0,552 dalam kriteria sedang pada kelompok kecil dan memperoleh indeks n-gain sebesar 0,543 dalam kriteria sedang pada kelompok besar. Simpulan penelitian adalah media permainan monopoli berbasis STAD layak digunakan dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran dan menambah fasilitas media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar PPKn; kemampuan berpikir kreatif; media permainan monopoli; STAD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2020 20:29
Last Modified: 15 Jan 2020 20:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34576

Actions (login required)

View Item View Item