HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI


Wahyu Apriliya , 1401415156 (2019) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Laporan dari UNESCO di Indonesia terdapat 11% siswa gagal menuntaskan pendidikannya. Artinya kualitas pendidikan di Indonesia belum optimal. Hal ini dibuktikan dalam peringkat pendidikan di wilayah ASEAN tahun 2017, Indonesia menempati peringkat kelima dari sembilan negara dengan skor 0,603. Hal ini menunjukkan perlunya perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, agar tidak ada lagi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan, salah satunya yaitu rendahnya hasil belajar pada mata pelajarn tertentu. Perbaikan kualitas pendidikan dapat melalui lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungann sekolah tempat dimana siswa itu belajar. Permasalahan tersebut juga terjadi di kelas V SD Negeri Gugus Melati Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati yang menunjukkan bahwa terdapat 49,4% siswa yang nilai mata pelajaran IPS tidak mencapai KKM pada UTS semester gasal. Berdasarkan wawancara dengan guru, hal tersebut terjadi karena siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan kurangnya pemahaman guru dan siswa mengenai gaya belajar yang bervariasi yang menyebabkan hasil belajar yang berbeda pula. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 257 siswa dan diambil sampel 161 siswa kelas V SDN di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati, dengan teknik quota sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi ganda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS; (2) hubungan keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS; (3) hubungan gaya belajar dan keaktifan siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar siswa dan hasil belajar IPS dengan kontribusi sebesar 36,2% (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara keaktifan siswa dan hasil belajar IPS dengan kontribusi sebesar 28,4%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dan keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS dengan kontribusi sebesar 42%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar siswa dan keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS siswa Kelas V SDN di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Dalam penelitian ini, saran oleh peneliti yaitu hendaknya guru lebih meningkatkan kemampuan dalan menciptkan suasana belajar yang mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga proses belajar mengajar pembelajaran kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar Siswa; Hasil Belajar IPS; Keaktifan Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2020 20:25
Last Modified: 15 Jan 2020 20:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34575

Actions (login required)

View Item View Item