HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN DI MARGOREJO KABUPATEN PATI


Rizka Aryanti , 1401415154 (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN DI MARGOREJO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN DI MARGOREJO KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN DI MARGOREJO KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (996kB) | Preview

Abstract

Data dari UNESCO tahun 2018 menunjukkan bahwa 11% siswa di Indonesia gagal menuntaskan pendidikan, sehingga kualitas pendidikan belum optimal. Data peringkat pendidikan wilayah ASEAN menjelaskan bahwa pendidikan di Indonesia menempati peringkat kelima dari sembilan negara. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya keluarga dan diri individu. Pendidikan yang diperoleh orang tua mengakibatkan perbedaan dukungan terhadap kemandirian dan hasil belajar anak utamanya IPS. Permasalahan tersebut terjadi di SDN Margorejo Kabupaten Pati, ditunjukkan melalui hasil belajar IPS yang tidak tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 54%. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar IPS, kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS, serta tingkat pendidikan orang tua dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif desain korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 117 siswa yang diambil menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data awal melalui wawancara, sedangkan pengambilan data penelitian melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar IPS dan kontribusinya sebesar 37,2%; (2) ada hubungan yang positif antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS dan kontribusinya sebesar 38%; (3) ada hubungan yang positif antara tingkat pendidikan orang tua dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS serta kontribusinya sebesar 47,7%. Simpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara tingkat pendidikan orang tua dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN di Margorejo Kabupaten Pati. Saran dalam penelitian ini adalah orang tua dan guru lebih meningkatkan komunikasi agar kemandirian dan hasil belajar siswa optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; kemandirian belajar; tingkat pendidikan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2020 20:16
Last Modified: 15 Jan 2020 20:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34574

Actions (login required)

View Item View Item