HUBUNGAN PENGGUNAN MEDIA LCD DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN DI UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG


Diah Ayu Vitaloka , 1401415151 (2019) HUBUNGAN PENGGUNAN MEDIA LCD DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN DI UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PENGGUNAN MEDIA LCD DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN DI UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN PENGGUNAN MEDIA LCD DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN DI UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang dilakukan manusia secara terus menerus, baik itu dalam keadaan apapun, dimanapun, dan kapanpun. Pendidikan di Indonesia sendiri memiliki tujuan yaitu melahirkan generasi-generasi yang dapat mengembangkan potensi dirinya, sehingga berguna bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, dan Negara. Namun ada beberapa faktor yang menimbulkan permasalahan dalam belajar khususnya muatan pelajaran IPS. Siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran IPS di Gugus Gatot Subroto Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang adalah 46,42%, sementara itu sebanyak 53,58% telah memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubugan antara penggunaan media LCD terhadap hasil belajar IPS, antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar IPS, serta antara penggunaan media LCD dan keaktifan siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif model korelasi dengan populasi sebanyak 178 siswa dan sampel sebanyak 139 siswa menggunakan teknik sampling non-probability sampling yaitu sampel kuota. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil uji prasyarat menunjukkan variabel penggunaan media LCD dan keaktifan siswa berdistribusi normal, linier, dan tidak terdapat hubungan multikolinieritas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif antara penggunan media LCD dengan hasil belajar IPS dengan tingkat hubungan yang kuat dan kontribusi sebesar 47,7%. (2) Terdapat hubungan yang positif antara keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS dengan tingkat hubungan yang kuat dan kontribusi sebesar 46,6%. (3) Terdapat hubungan yang positif antara penggunan media LCD dan keaktifan siswa bersama-sama dengan hasil belajar IPS dengan tingkat hubungan yang kuat dan kontribusi sebesar 60,3%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif baik secara sendiri maupun bersama-sama antara penggunaan LCD dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar IPS kelas IV Gugus Gatot Subroto Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Saran dalam penelitian ini yaitu guru lebih meningkatkan motivasi siswa untuk belajar serta mengajak siswa untuk bekerja, terlibat, dan berpartisipasi, sehingga anak dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; keaktifan siswa; media LCD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2020 19:01
Last Modified: 15 Jan 2020 19:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34571

Actions (login required)

View Item View Item