HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SDN TUGU KOTA SEMARANG


Sukmawati Arrum Annisa , 1401415150 (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SDN TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SDN TUGU KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SDN TUGU KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perolehan hasil belajar siswa di SDN Gugus Nyi Ageng Serang Kecamatan Tugu Kota Semarang menunjukkan bahwa, Penilaian Tengah Semester 1 pada mata pelajaran IPS yang tidak tuntas KKM sebesar 60,84%. Ruang lingkup pembelajaran IPS yang meliputi manusia, waktu, sistem sosial, dan perilaku ekonomi berdampak pada motivasi belajar yang bervariasi pada siswa kelas V SDN Gugus Nyi Ageng Serang Kota Semarang, sehingga pemerolehan hasil belajar IPS yang berbeda. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) apakah ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS kelas V? (2) apakah ada hubungan positif dan signifikan antara fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar IPS kelas V? (3) apakah ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi dan fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar IPS kelas V?. Jenis penelitian ini penelitian korelasional dengan sampel 120 siswa yang diperoleh menggunkan teknik sampel Non Probability Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu motivasi dan fasilitas belajar di sekolah, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,695 interpretasi keeratan korelasi menunjukkan adanya hubungan dan termasuk kategori kuat dengan kontribusi sebesar 48,3%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,601 interpretasi keeratan korelasi menunjukkan adanya hubungan dan termasuk kategori kuat dengan kontribusi sebesar 36,1%; (3) terdapat hubungan antara motivasi dengan fasilitas belajar di sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 731 interpretasi keeratan korelasi menunjukkan adanya hubungan dan termasuk kategori kuat dengan kontribusi sebesar 53,4%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan motivasi dan fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Nyi Ageng Serang Kecamatan Tugu Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini yaitu guru lebih memperhatikan motivasi dan fasilitas belajar siswa, sehingga diharapkan akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: belajar; fasilitas belajar di sekolah; hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2020 18:40
Last Modified: 15 Jan 2020 18:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34570

Actions (login required)

View Item View Item