HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT KARYA KOLASE SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUNAN AMPEL KABUPATEN DEMAK
Anib Rosul Wiam , 1401415143 (2019) HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT KARYA KOLASE SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUNAN AMPEL KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT KARYA KOLASE SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUNAN AMPEL KABUPATEN DEMAK)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran dan sumber belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan membuat karya kolase siswa. Kemampuan membuat karya kolase yang optimal didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dan pemanfaatan sumber belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan media pembelajaran terhadap kemampuan membuat karya kolase siswa kelas IV SDN Gugus Sunan Ampel Kabupaten Demak. (2) menguji hubungan sumber belajar terhadap kemampuan membuat karya kolase siswa kelas IV SDN Gugus Sunan Ampel Kabupaten Demak. (3) menguji hubungan media pembelajaran dan sumber belajar terhadap kemampuan membuat karya kolase siswa kelas IV SDN Gugus Sunan Ampel Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi berjumlah 128 siswa kelas IV SDN Gugus Sunan Ampel Kabupaten Demak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 128 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap kemampuan membuat karya kolase dengan koefisien korelasi rhitung = 0,660 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi 43,5%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sumber belajar terhadap kemampuan membuat karya kolase dengan koefisien korelasi rhitung = 0,704 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi 49,6%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dan sumber belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan membuat karya kolase, dengan koefisien korelasi rhitung = 0,806 termasuk kategori sangat kuat dan Fhitung = 116,241serta berkontribusi sebesar 65%. Simpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dan sumber belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan membuat karya kolase siswa Kelas IV SDN Sunan Ampel Kabupaten Demak. Saran bagi guru dan sekolah hendaknya dapat menggunakan dan memanfaatkan penggunaan media pembelajaran dan sumber belajar siswa dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membuat karya kolase; media pembelajaran; sumber belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 20:01 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 20:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34563 |
Actions (login required)
View Item |