PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI BATIK JUMPUT SISWA KELAS V SD NEGERI 4 KRANDEGAN BANJARNEGARA


Asyifa Rizka Opnami , 1401415139 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI BATIK JUMPUT SISWA KELAS V SD NEGERI 4 KRANDEGAN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI BATIK JUMPUT SISWA KELAS V SD NEGERI 4 KRANDEGAN BANJARNEGARA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI BATIK JUMPUT SISWA KELAS V SD NEGERI 4 KRANDEGAN BANJARNEGARA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian adalah kurangnya media pembelajaran yang menunjang dalam proses pembelajaran, pemanfaatan sarana LCD yang kurang optimal membuat proses pembelajaran SBdP di SDN 4 Krandegan Banjarnegara terbatas pada penggunaan buku guru dan buku siswa. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimanakah cara mengembangkan prototype media pembelajaran audiovisual serta bagaimanakah kelayakan dan keefektifan media pembelajaran audiovisual. Tujuan penelitian untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran audiovisual seni budaya dan prakarya materi membuat batik jumput. Jenis penelitian ini yaitu Reasearch and Development (R&D). Model yang digunakan adalah pengembangan dan prosedur penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi oleh Sugiyono. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 4 Krandegan Banjarnegara tahun ajaran 2018/2019 seumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes dan nontes yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data meliputi analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir berupa uji t-tes dan n-gain. Hasil uji kelayakan media Pembelajaran audiovisual menunjukan bahwa media Pembelajaran berbasis audiovisual materi membuat batik jumput sangat layak digunakan dalam pembelajaran SBdP dengan persentase penilaian dari ahli media sebesar 98%, dan ahli materi sebesar 98%. Media pembelajaran audiovisual efektif digunakan dalam pembelajaran dibuktikan dengan hasil uji t-test diperoleh nilai thitung 6,850 lebih besar dari ttabel 2,056 sehingga Ho ditolak. Peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,545 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian bahwa media Pembelajaran audiovisual materi membuat batik jumput sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran SBdP. Saran penelitian adalah media pembelajaran audiovisual diterapkan di sekolah lebih dikembangkan lagi dengan memperbaiki isi dan konten agar lebih mudah dipahami siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual; batik jumput; media pembelajaran; seni budaya dan prakarya
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 19:56
Last Modified: 14 Jan 2020 19:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34561

Actions (login required)

View Item View Item