HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP MATERI MOZAIK KELAS IV SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG
Siti Nur Alfiyah , 140415138 (2019) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP MATERI MOZAIK KELAS IV SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP MATERI MOZAIK KELAS IV SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar SBdP khususnya materi mozaik belum mencapai hasil maksimal dikarenakan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sesuai dengan permasalahan di kelas IV SDN Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang, perilaku kemandirian belajar siswa masih kurang dengan tingkat kreativitas yang berbeda-beda sehingga hasil belajar SBdP materi mozaik kelas IV belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar SBdP materi mozaik kelas IV, menguji hubungan kreativitas terhadap hasil belajar SBdP materi mozaik kelas IV, dan menguji hubungan kemandirian belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar SBdP materi mozaik kelas IV. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 206 siswa kelas IV SDN Gugus Dwija Harapan. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling sebanyak 164 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel kemandirian belajar dan kreativitas, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan, teknik analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat dan analisis data akhir menggunakan uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji F dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar SBdP materi mozaik karena rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,659 > 0,153; (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar SBdP materi mozaik karena rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,659 > 0,153; (3) Ada hubungan yang positif dan signfikan antara kemandirian belajar dan kreativitas dengan hasil belajar SBdP materi karena rhitung lebih besar dari rtabel taraf signifikansi 5% untuk N = 164 yaitu 0,725 > 0,153. Simpulan penelitian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar SBdP materi mozaik kelas IV SDN Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Saran penelitian, guru diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar dan kreativitas yang berpengaruh pada hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar SBdP materi mozaik; kemandirian belajar; kreativitas. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 19:54 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 19:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34560 |
Actions (login required)
View Item |