PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBdP MATERI KARYA TIGA DIMENSI SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH JEPARA


Sisna Dea Ayuningtyas , 1401415137 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBdP MATERI KARYA TIGA DIMENSI SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBdP MATERI KARYA TIGA DIMENSI SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH JEPARA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBdP MATERI KARYA TIGA DIMENSI SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH JEPARA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil pra penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SBdP materi karya tiga dimensi di kelas IV SD Muhammadiyah Jepara belum dilaksanakan secara optimal. Hal ini dikarenakan belum adanya inovasi media pembelajaran yang digunakan guru untuk menyampaikan materi karya tiga dimensi. guru tidak memanfaatkan media penunjang selama proses pembelajaran sehingga siswa kurang menguasai dan memahami materi tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasisflash materi karya tiga dimensi yang bertujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran; (2) mengetahui hasil kelayakan media; dan (3) menguji keefektifan media. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono meliputi langkah: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; dan (10) produksi masal. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Jepara berjumlah 34 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data mencakup analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir menggunakan uji t-test dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berbasisflash materi karya tiga dimensi dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru dan siswa; (2) media tergolong sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan penilaian ahli materi sebesar 98% dan ahli media sebesar 97%; (3) media dinyatakan efektif ditinjau dari hasil peningkatan rata-rata pretest dan posttest sebesar 0,80 dengan kriteria tinggi pada skala kecil dan 0,58 dengan kriteria sedang pada skala besar. Selain itu, media pembelajaran termasuk kriteria sangat baik berdasarkan tanggapan guru dan siswa dengan perolehan skor sebesar 100%. Simpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis flash materi karya tiga dimensi layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran SBdP untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media yang lebih baik dan memadukan dengan model pembelajaran inovatif sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: flash, karya tiga dimensi, media pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 19:38
Last Modified: 14 Jan 2020 19:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34559

Actions (login required)

View Item View Item