PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MUATAN SBdP MATERI MOZAIK SISWA KELAS IV SDN PURWOSARI 01 SEMARANG


Triana Sekti , 1401415136 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MUATAN SBdP MATERI MOZAIK SISWA KELAS IV SDN PURWOSARI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MUATAN SBdP MATERI MOZAIK SISWA KELAS IV SDN PURWOSARI 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MUATAN SBdP MATERI MOZAIK SISWA KELAS IV SDN PURWOSARI 01 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran muatan SBdP di kelas IV SDN Purwosari 01 Semarang belum dilaksanakan secara maksimal dikarenakan tidak tersedianya media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat menunjang pembelajaran sehingga guru hanya menggunakan buku tematik guru dan tematik siswa dalam pembelajaran seni mozaik. Selain itu, guru kurang kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran terutama dalam pembelajaran seni budaya materi mozaik sehingga menyebabkan guru tidak memiliki media pembelajaran lain yang inovatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif Adobe Flash materi mozaik yang bertujuan: (1) mengembangkan desain media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash; (2) mengetahui kelayakan media; dan (3) menguji keefektifan media. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Purwosari 01 Semarang berjumlah 39 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data mencakup analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir menggunakan uji t-test dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tampilan media Adobe Flash mozaik disesuaikan dengan analisis kebutuhan guru dan siswa; (2) media Adobe Flash dikategorikan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan penilaian ahli materi dan ahli media sebesar 98%; (3) media Adobe Flash dinyatakan efektif ditinjau dari hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan adanya perbedaan nilai yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan nilai thitung 10,896 > ttabel 2,042. Hasil peningkatan rata-rata pretest dan posttest sebesar 0,49 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash materi mozaik layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran SBdP untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Saran diberikan kepada pembaca bahwa hasil pengembangan media interaktif Adobe Flash ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan kajian untuk mengembangkan media-media interaktif lain yang inovatif demi tercapainya pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash, media pembelajaran interaktif, mozaik, SBdP.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 19:36
Last Modified: 14 Jan 2020 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34558

Actions (login required)

View Item View Item