PENGARUH KEBIASAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS R.A. KARTINI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL


Umi Nurbaeti , 1401415132 (2019) PENGARUH KEBIASAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS R.A. KARTINI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEBIASAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS R.A. KARTINI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KEBIASAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS R.A. KARTINI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (937kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan siswa yang diperoleh dari pengalaman belajarnya. Hasil belajar yang dicapai sering dijadikan sebagai salah satu tolak ukur kesuksesan belajar siswa. Berdasarkan fakta empiris, terdapat keberagaman hasil belajar yang diperoleh siswa, khususnya pada pelajaran Matematika. Keberagaman hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya kebiasaan belajar dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Gugus R.A. Kartini Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis ex post facto. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Dalam teknik Probability Sampling setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Kemudian penggunaan jenis simple random sampling dikarenakan cara pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) yang ada dalam anggota populasi. Populasi penelitian ini berjumlah 159 siswa dengan sampel sebanyak 114 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif untuk menggambarkan data hasil penelitian pada setiap variabel. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis terdiri dari analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) adanya pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Gugus R.A. Kartini Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal dengan sumbangan pengaruh sebesar 8,4%, (2) adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Gugus R.A. Kartini Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal dengan sumbangan pengaruh sebesar 9,8%, dan (3) adanya pengaruh kebiasaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Gugus R.A. Kartini Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal dengan sumbangan pengaruh sebesar 10,7%. Dengan demikian, diharapkan orang tua, guru, dan sekolah dapat bekerja sama dalam meningkatkan kebiasaan dan motivasi belajar siswa agar tercapai hasil belajar Matematika yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kebiasaan belajar; motivasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 19:29
Last Modified: 14 Jan 2020 19:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34557

Actions (login required)

View Item View Item