HUBUNGAN KEBIASAAN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KREATIF KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG


Imtikhati Elma Fasikhah , 1401415131 (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KREATIF KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEBIASAAN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KREATIF KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KEBIASAAN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KREATIF KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG) - Published Version
Download (849kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran tidak lepas dari kegiatan belajar. Pada dasarnya belajar adalah usaha sadar yang dilakukan oleh seseorang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan merupakan sebuah proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kebiasaan belajar seseorang akan memengaruhi hasil belajar. Semakin baik kebiasaan belajar yang dimiliki ketika proses pembelajaran maka akan semakin berpengaruh baik terhadap hasil belajar. Selain kebiasaan belajar, faktor lain yang memengaruhi hasil belajar adalah disiplin belajar. Tingkat kedisiplinan seseorang berbeda-beda dan hal tersebut akan memengaruhi hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan dan disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Kreatif Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Kreatif Kecamatan Secang Kabupaten Magelang berjumlah 123 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sebanyak 123 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signfikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai rhitung 0,618 > rtabel 0,1771 (2) ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai rhitung 0,628 > rtabel 0,1771 (3) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai rhitung 0,755 > rtabel 0,1771. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Kreatif Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Guru diharapkan dapat meningkatkan kebiasaan dan disiplin belajar siswa sehingga hasil belajar dapat dicapai dengan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar; hasil belajar; IPS; kebiasaan belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 16:33
Last Modified: 14 Jan 2020 16:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34556

Actions (login required)

View Item View Item