HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DAN DISIPLIN DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS SUPRIYADI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL


Farida Nur Azizah , 140415130 (2019) HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DAN DISIPLIN DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS SUPRIYADI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DAN DISIPLIN DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS SUPRIYADI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DAN DISIPLIN DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS SUPRIYADI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (779kB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar yang dilaksanakan dengan baik dan taat akan membentuk perilaku dan sikap siswa melaksanakan kegiatan belajar dengan disiplin. Aktivitas dan disiplin siswa menjadi faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang melaksanakan aktivitas belajar dengan baik dan memiliki disiplin yang baik maka akan mendapatkan hasil belajar yang optimal, begitu juga sebaliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada Hubungan Aktivitas Belajar dan Disiplin dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Supriyadi Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan aktivitas dan disiplin siswa belajar dengan hasil belajar IPS kelas V SD Gugus Supriyadi Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Supriyadi Kecamatan Boja Kabupaten Kendal dengan jumlah 200 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proportional Random Sampling, sehingga memperoleh sampel 127 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi aktivitas dan disiplin siswa belajar sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dan analisis dokumen. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis data akhir dengan uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji F dan uji determinasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan aktivitas dan disiplin siswa dengan hasil belajar IPS, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,748 lebih besar dari rtabel yaitu 0,176 dengan nilai signifikansi 0,05, hasil korelasi ganda tersebut termasuk katagori kuat, dan berkontribusi sebesar 56%. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan aktivitas dan disiplin siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Supriyadi Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya dapat meningkatkan aktivitas siswa menjadi lebih baik dan guru dapat bekerjasama dengan wali siswa untuk memantau disiplin siswa saat di rumah, sehingga aktivitas dan disiplin siswa menjadi baik dan dapat memeperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; disiplin belajar; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 16:29
Last Modified: 14 Jan 2020 16:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34555

Actions (login required)

View Item View Item