HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KARTINI KECAMATAN GUBUG


Putri Dian Nusa , 1401415129 (2019) HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KARTINI KECAMATAN GUBUG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KARTINI KECAMATAN GUBUG]
Preview
PDF (HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KARTINI KECAMATAN GUBUG) - Published Version
Download (729kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pendidikan karak-ter dan motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar PKn. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pendidi-kan karakter dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Teori menjelaskan bahwa hasil belajar akan optimal apabila karakter dan motivasi belajar siswa baik. Kenyataan di sekolah menunjukkan ketidaksesuaian antara fakta dengan teori. Contohnya, terdapat siswa yang berkarakter kurang baik, namun hasil bela-jarnya optimal. Siswa yang motivasi belajarnya tinggi justru mendapatkan hasil belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter dan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Gubug. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi berjumlah 124 siswa dengan seluruhnya dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil analisis data menggunakan rumus product moment menunjukkan bahwa variabel pendidikan karakter dan motivasi belajar dengan hasil belajar termasuk dalam kategori kuat. Simpulan penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter dan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn siswa. Saran diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi kepada siswa bahwa pendidikan karakter dan motivasi belajar berpengaruh terha-dap hasil belajar siswa, guru dan orangtua agar lebih meningkatkan pendidikan karakter dan motivasi belajar siswa untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter; motivasi belajar; hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 16:23
Last Modified: 14 Jan 2020 16:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34554

Actions (login required)

View Item View Item