KEEFEKTIFAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JAMBUDESA KABUPATEN PURBALINGGA
Dina Akhsanti , 1401415124 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JAMBUDESA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JAMBUDESA KABUPATEN PURBALINGGA)
- Published Version
Download (561kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika adalah guru kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran matematika. Dengan media animasi, materi yang disampaikan menggunakan video animasi dapat menarik perhatian serta semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media animasi terhadap motivasi dan hasil belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan media animasi dengan media konvensional. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental denga bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Jambudesa Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 42 siswa terdiri dari kelas IV A dan IV B. Sampel dari penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas IV SD Negeri 2 Kaliori Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent sample t-test dan one sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis motivasi belajar siswa menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau –thitung < -ttabel (2,546>2,021 atau -2,546 < -2,021), dan signifikansi ≤ 0,05 (0,015<0,05), dan uji hipotesis hasil belajar menunjukkan 2,156 > 2,201 atau -2,156 < -2,021, dan signigfikansi ≤ 0,05 (0,037 < 0,05). Hasil uji hipotesis motivasi belajar menggunakan one sample t-test menunjukkann bahwa thitung > ttabel (4,071 > 1,721) dan signifikansi ≤ 0,05 (0,001 < 0,05), dan hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan (2,691 > 1,721) dan signifikansi ≤ 0,05 (0,014 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media animasi efektif terhadap motivasi dan hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 1 Jambudesa Kabupaten Purbalingga. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan media animasi karena terbukti efektif terhadap motivasi dan hasil belajar matematika materi pengukuran sudut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Animasi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 16:16 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 16:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34552 |
Actions (login required)
View Item |