KEEFEKTIFAN PERPADUAN TEKNIK CARD SORT DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SIDAKATON 01 KABUPATEN TEGAL


Rizqi Endah Safitri , 1401415119 (2019) KEEFEKTIFAN PERPADUAN TEKNIK CARD SORT DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SIDAKATON 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PERPADUAN TEKNIK CARD SORT DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SIDAKATON 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PERPADUAN TEKNIK CARD SORT DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SIDAKATON 01 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (747kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran IPS adalah guru dalam memilih metode atau teknik pembelajaran yang sesuai dan tepat, sehingga siswa tertarik, tidak merasa bosan, dan kreatif dalam pembelajaran IPS. Dengan Perpaduan Teknik Card Sort Dengan Mind Mapping, kartu pintar dan peta konsep akan memunculkan kreativitas siswa, karena kreativitas inilah yang penting dalam proses belajar, sehingga dengan menggali kreativitas siswa akan membantu siswa untuk bisa berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan Perpaduan Teknik Card Sort Dengan Mind Mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar IPS antara kelas yang menggunakan Perpaduan Teknik Card Sort Dengan Mind Mapping dan yang menggunakan metode konvensional pada materi masa persiapan kemerdekaan di kelas V. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sidakaton 01 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Negeri Sidakaton 05 Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, homogenitas, kesamaan rata-rata, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis kreativitas siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,345 > 1,999), dan hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,634 > 1,999). sehingga H0 ditolak. Perhitungan uji keefektifan kreativitas menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (4,693 > 2,086), dan hasil belajar dengan thitung > ttabel (3,634 > 1,999). sehingga H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan penelitian skripsi ini adalah penerapan Perpaduan Teknik Card Sort Dengan Mind Mapping terbukti efektif ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa daripada metode konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Perpaduan Teknik Card Sort Dengan Mind Mapping; Kreativitas, Pembelajaran IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 16:13
Last Modified: 14 Jan 2020 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34551

Actions (login required)

View Item View Item