PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD TUTORIAL TEKNIK PENJARIAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN PIANIKA KELAS V SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 03 SEMARANG


Muhammad Rifqi Ardiansyah , 1401415110 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD TUTORIAL TEKNIK PENJARIAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN PIANIKA KELAS V SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD TUTORIAL TEKNIK PENJARIAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN PIANIKA KELAS V SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD TUTORIAL TEKNIK PENJARIAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN PIANIKA KELAS V SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 03 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di SDN Kalibanteng Kidul 03 Semarang, permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah ketersediaan media yang masih terbatas untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan rendahnya nilai siswa. Selain itu cara yang digunakan guru dalam pembelajaran materi bermain musik masih kurang menarik dan belum optimal sehingga siswa kesulitan dalam melakukan teknik penjarian saat bermain pianika. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diadakan penelitian pengembangan buku panduan dan CD tutorial teknik penjarian pianika untuk meningkatkan keterampilan bermain pianika siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan dan keefektifan buku panduan dan CD tutorial teknik penjarian pianika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Pengembangan (Research and Development). Teknik yang digunakan yaitu tes dan nontes dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa tes unjuk kerja, angket, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, pakar/ahli, dan peneliti. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 24 siswa kelas V SD N Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V yang kelompokkan menjadi kelompok kecil dan kelompok besar. Waktu penelitian dimulai dari bulan Januari sampai April 2019. Analisis data menggunakan analisis data produk dan hasil belajar psikomotorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 100% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli media adalah 80% dengan kriteria layak. Hasil belajar ketrampilan bermian pianika uji skala besar mengalami peningkatan dengan perolehan kriteria sedang, dibuktikan pada hasil rata-rata nilai posttest sebesar 70 dibandingkan rata-rata nilai pretest sebesar 86 dengan perolehan N-gain sebesar 0,5 dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian yaitu Pengembangan buku panduan dan CD tutorial teknik penjarian pianika menggunakan langkah-langkah penelitian Sugiyono, kriteria penilain kelayakan media dan materi sangat layak, media buku panduan dan CD tutorial teknik penjarian efektif untuk belajar bermian pianika di kelas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan bermain pianika, media buku panduan dan CD tutorial teknik penjarian pianika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:49
Last Modified: 14 Jan 2020 15:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34550

Actions (login required)

View Item View Item