Persepsi Mahasiswa Yang Pindah Jurusan Tahun Akademik 2002 Terhadap Unit Pelayanan Bimbingan Konseling (UPBK) Universitas Negeri Semarang

Tunggul Widyastuti, 1314990034 (2004) Persepsi Mahasiswa Yang Pindah Jurusan Tahun Akademik 2002 Terhadap Unit Pelayanan Bimbingan Konseling (UPBK) Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Persepsi Mahasiswa Yang Pindah Jurusan Tahun Akademik 2002 Terhadap Unit Pelayanan Bimbingan Konseling (UPBK) Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (66Kb)

    Abstract

    Mahasiswa sebagai individu yang sedang mengalami perkembangan pribadi meminta kepedulian dasar secara melembaga dari setiap jenjang pendidikan. Pengembangan diri mahasiswa dapat bersifat menghambat dirinya dan mengembangkan potensi diri. Berdasarkan asumsi tersebut maka Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang sangat urgen peranannya. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimanakah gambaran persepsi mahasiswa yang pindah jurusan tahun akademik 2002 terhadap Unit Pelayanan Bimbingan Konseling (UPBK) Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang persepsi mahasiswa yang pindah jurusan di tahun akademik 2002 terhadap Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah. semua mahasiswa yang pindah jurusan di tahun akademik 2002. Data yang diperoleh di UPBK pada tahun 2002 tercatat secara resmi yaitu 50 orang. Teknik sampling menggunakan random sampling sederhana atau simple random sampling dengan prosentase 60 persen dengan jumlah 30 mahasiswa pindah jurusan di tahun akademik 2002. Sedangkan 40 persen dengan jumlah 20 mahasiswa pindah jurusan di tahun akademik 2002 sebagai pelaksanaan try out intrumen. Alat pengumpul data penelitian ini mengggunakan skala psikologi. Karena data yang diungkap bersifat psikologi. Skala yang digunakan mempunyai 4 alternatif jawaban dan responden bebas memilih salah satu jawaban dari ke-4 alternatif jawaban yang ada sesuai dengan keadaan masing-masing responden. Jawaban soal positif diberi skor 4, 3, 2, 1 sedangkan jawaban soal negatif diberi skor 1, 2, 3, 4, 5 sesuai dengan arah pertanyaan yang dimaksud. Untuk mengetahui ada tidaknya kesesuaian antara bagian – bagian instrumen dengan instrumen keseluruhan dilakukan analisis butir dengan menggunakan rumus stasistik parametrik Product Moment Pearson. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif prosentase Berdasarkan hasil penelitian ini, persepsi mahasiswa yang pindah jurusan tahun akademik 2002 terhadap Unit Pelayanan Bimbingan Konseling (UPBK) Universitas Negeri Semarang secara keseluruhan diperoleh hasil 53,7 % atau 16 responden menyatakan persepsi positif terhadap Unit Pelayanan Bimbingan Konseling Universitas Negeri Semarang. Hal ini sesuai dengan indikator dari sub variabel antara lain dapat mengemukakan fungsi UPBK, menerima terhadap visi dan misi UPBK, dapat merasakan dan menghargai seluruh layanan UPBK, dapat melihat atau mengamati kegiatan layanan UPBK dalam berbagai jenis, dapat memanfaatkan layanan UPBK

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 16 Aug 2011 02:30
    Last Modified: 16 Aug 2011 02:30

    Actions (login required)

    View Item