HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS ADISUCIPTO KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL


Latifah Saharia Khotijah , 1401415105 (2019) HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS ADISUCIPTO KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS ADISUCIPTO KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS ADISUCIPTO KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam bidang pendidikan sering dijumpai pada setiap jenjang pendidikan. Termasuk di SDN Gugus Adisucipto Kecamatan Boja Kabupaten Kendal yang menunjukkan nilai hasil belajar muatan pelajaran IPS peserta didik yang rendah. Hal ini dikarenakan pemanfaatan sumber belajar dan minat baca oleh peserta didik kurang maksimal. Satu dari berbagai faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah pemanfaatan sumber belajar dan minat baca. Tujuan penelitian ini adalah untk menguji hubungan pemanfaatan sumber belajar dan minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas V SDN Gugus Adisucipto Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh sebanyak 134 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,607 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 42,5 %; (2) terdapat hubungan yang positif antara minat baca terhadap hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,480 termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 40%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan pemanfaatan sumber belajar dan minat baca secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,613 termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 40,3%. Simpulan Penelitian ini adalah ada hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Adisucipto Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Saran bagi siswa adalah untuk semangat dalam belajar, meningkatkan minat baca dan juga untuk guru agar meningkatkan kemampuan dalam mengajar dan memanfaatkan sumber belajar ayang ada dan menciptakan inovasi dalam pemanfaatan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; minat baca; pemanfaatan sumber belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:44
Last Modified: 14 Jan 2020 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34549

Actions (login required)

View Item View Item