PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SE-DABIN II KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG


Merlina , 1401415095 (2019) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SE-DABIN II KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SE-DABIN II KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SE-DABIN II KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (618kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tingkat kemampuan peserta didik yang diperoleh setelah ia menerima pengalaman belajar yang diukur dari tes mengenai sejumlah materi pelajaran. Beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya fasilitas belajar dan perhatian orang tua. Fasilitas belajar dan perhatian orang tua yang ada merupakan faktor eksternal yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar PPKn peserta didik kelas IV SDN se-Daerah Binaan II Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto, pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN se-Dabin II yang berjumlah 239. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 155 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini meliputi hasil belajar PPKn, fasilitas belajar, dan perhatian orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk hasil belajar PPKn dan angket tertutup dengan skala likert 4 untuk fasilitas belajar dan perhatian orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar PPKn ditunjukkan dengan thitung >ttabel yaitu 3,823˃1,976 dan korelasi keduanya sebesar 0,295 atau sedang. Besar sumbangan fasilitas belajar sebesar 8,7%; (2)Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar PPKn ditunjukkan dengan thitung>ttabel yaitu 6,581˃1,976 dan korelasi keduanya dalam kategori sedang (0,470). Besar sumbangan perhatian orang tua sebesar 22,1%; (3)Ada pengaruh yang positif dan signifikanantara fasilitas belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar PPKn ditunjukkan dengan Fhitung>Ftabel (22,335>3,056) dan korelasi ganda dalam kategori sedang (0,477). Besar sumbangan fasilitas belajar dan perhatian orang tua sebesar 22,7%. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik sekolah, guru maupun orang tuahendaknya memerhatikan fasilitas belajar dan perhatian orang tua, sehingga dapat mencapai hasil belajar PPKn yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar; Hasil Belajar PKn; Perhatian Orang Tua.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:38
Last Modified: 14 Jan 2020 15:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34548

Actions (login required)

View Item View Item