KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN LAWATAN 01 KABUPATEN TEGAL


Tiyas Devitasari , 1401415090 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN LAWATAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN LAWATAN 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN LAWATAN 01 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (580kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang maksimalnya pembelajaran IPA yaitu guru kurang inovatif dalam mengemas pembelajaran, sehingga peserta didik menjadi pasif dan kurang tertarik pada pembelajaran IPA. Hal tersebut berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik. Dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran IPA, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran SAVI pada pembelajaran IPA kelas V SDN Lawatan 01 Kabupaten Tegal Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen kuantatif. Desain penelitian yang digunakan quasi experimental design dengan benuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan antaranya adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan homogenitas, serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis yaitu uji perbedaan dan keefektifan. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN Lawatan 01 tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 43 peserta didik. Sampel penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan minat dan hasil belajar peserta didik. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar menggunakan Independent Samples T-Test menunjukkan thitung > ttabel (5,401 > 2,020), sedangkan uji keefektifan terhadap minat belajar menggunakan One Samples T-Test menunjukkan thitung > ttabel (8,272 > 1,717). Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples T-Test menunjukkan thitung > ttabel (4,906 > 2,020), sedangkan uji keefektifan terhadap hasil belajar menggunakan One Samples T-Test menunjukkan thitung > ttabel (8,325 > 1,717). Simpulannya bahwa model pembelajaran SAVI efektif terhadap minat dan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada peserta didik kelas V SDN Lawatan 01 Kabupaten Tegal. Peningkatan terhadap minat dan hasil belajar peserta didik melalui model SAVI, maka disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran tersebut. Model SAVI memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif dalam proses penemuan pengetahuan dengan memanfaatkan alat indra yang dimiliknya, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna. Sekolah juga disarankan untuk memberikan sosialisasi kepada guruguru kelas, agar semua guru mengetahui keefektifan dari model SAVI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: belajar, model SAVI, dan minat.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:36
Last Modified: 14 Jan 2020 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34547

Actions (login required)

View Item View Item