KEEFEKTIFAN MEDIA REALIA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD SLEROK 1 KOTA TEGAL
Nadiya Fadilah , 1401415089 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA REALIA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD SLEROK 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA REALIA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD SLEROK 1 KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis puisi pada umumnya masih kurang maksimal. Berdasarkan hal tersebut, guru perlu memberikan adanya sebuah inovasi dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar adalah penerapan media pembelajaran realia. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media realia ditinjau dari minat dan hasil belajar bahasa Indonesia antara kelas yang menggunakan media realia dengan yang menggunakan media gambar pada materi menulis puisi bebas di kelas V. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Slerok 1 Kota Tegal dan siswa kelas V SD Slerok 3 Kota Tegal tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 61 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas V SD Slerok 1 Kota Tegal sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Slerok 3 Kota Tegal sebagai kelas kontrol. Uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Panggung 14 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil menunjukkan thitung > ttabel (2,760 > 2,001), sehingga H01 ditolak. Perhitungan minat yang lebih tinggi menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata pada kelas eksperimen > kelas kontrol (6,78 > 0,28). Perhitungan uji keefektifan minat belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan thitung > ttabel (2,047 > 1,696), sehingga H0 ditolak. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan thitung > ttabel (3,852 > 2,001), sehingga H01 ditolak. Perhitungan hasil belajar yang lebih tinggi menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata pada kelas eksperimen > kelas kontrol (21,47 > 15,07). Uji keefektifan hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,162 > 1,696) , sehingga H0 ditolak. Simpulan penelitian skripsi ini adalah penerapan media realia terbukti efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa daripada media gambar. Saran peneliti bagi guru yaitu diharapkan guru mulai menerapkan media pembelajaran realia dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, media realia, minat belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 15:33 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 15:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34546 |
Actions (login required)
View Item |