PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 SEMARANG


Nabilah Alika Putri , 1401415085 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 SEMARANG) - Published Version
Download (998kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA dinilai penting bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar secara mandiri. Berdasarkan data hasil pra-penelitian melalui data observasi, wawancara, dan hasil belajar di kelas IV di SDN Tambangan 01, ditemukan bahwa pembelajaran IPA belum maksimal, media pembelajaran yang kurang variatif menjadikan peserta didik kurang aktif dan hasil belajar rendah, maka perlu dikembangkan media pembelajaran yang lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan kepraktisan multimedia interaktif IPA pada materi sumber energi. Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Untuk uji skala kecil dipilih 6 siswa kelas IV dan uji skala besar dengan jumlah 34 siswa di SDN Tambangan 01. Data penelitian ini diperoleh observasi, tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal/uji persyaratan analisis, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 83,33% dengan kriteria sangat layak. Validasi oleh ahli media mendapat persentase 88,75% dengan kriteria sangat layak. Tanggapan guru mendapat rerata persentase sebesar 92,5% dengan kriteria sangat layak. Tanggapan siswa mendapat rerata persentase 87,29% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar pretest dan posttest dihitung menggunakan n-gain mengalami peningkatan sebesar 0,41629 (kategori sedang). Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t-test, pada output paired sample test diperoleh bahwa t hitung (19.5206) > t tabel (2.0345) maka Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar IPA materi sumber energi sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif berbasis discovery learning. Kesimpulannya multimedia interaktif berbasis discovery learning materi sumber energi yang dikembangkan layak, efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Tambangan 01. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru difasilitasi media pembelajaran yang mendukung multimedia agar pembelajaran lebih menarik dan hasil belajar siswa lebih meningkat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning; Hasil belajar IPA; Multimedia Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:27
Last Modified: 14 Jan 2020 15:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34542

Actions (login required)

View Item View Item