PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 02


Nurul Burhan , 1401415083 (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 02]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 02) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data hasil pra-penelitian melalui data observasi dan wawancara di kelas IV SDN Pudakpayung 02 Semarang ditemukan permasalahan pembelajaran IPA yaitu belum optimal dan ketersediaan sumber belajar pada pembelajaran IPA, masih sebatas buku guru dan buku siswa saja. Selain itu, mind mapping yang yang digunakan siswa belum sesuai dan siswa hanya mengandalkan pencatatan tradisional. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar IPA memiliki rata-rata rendah. Sehingga perlu dikembangkan buku ajar berbasis mind mapping pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan buku ajar berbasis mind mapping pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Pudakpayung 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang terdiri dari beberapa tahap, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, uji coba pemakaian dan produksi masal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pudakpayung 02. Uji coba produk di kelas IV SDN Pudakpayung 02 berjumlah 3 siswa dan uji coba pemakaian juga di kelas yang sama dengan jumlah 27 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji normalitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) buku ajar berukuran A4 yang disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa; (2) kelayakan buku ajar dilihat dari penilaian ahli materi sebesar 83% (sangat layak), ahli media sebesar 98% (sangat layak), ahli bahasa sebesar 89% (sangat layak); (3) keefektifan buku ajar dilihat dari hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan rata-rata posttest yang dihitung menggunakan N-Gain adalah 0,54 termasuk kategori sedang; (4) Hasil angket tanggapan guru dan siswa dalam skala besar memperoleh persentase 91% dan 90%, termasuk kategori sangat efektif. Jadi kesimpulannya buku ajar berbasis mind mapping yang dikembangkan, layak, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Pudakpayung 02. Saran dalam penelitian yaitu buku ajar berbasis mind mapping pada pembelajaran IPA materi sumber energi dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif di sekolah, dan meningkatkan inovasi guru dalam mengembangkan dalam buku ajar yang menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, hasil belajar IPA, mind mapping.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:18
Last Modified: 14 Jan 2020 15:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34540

Actions (login required)

View Item View Item