Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Pada Saat Layanan Pembelajaran Kelas II SMU Negeri 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005.”

Herlin Febriana Dwi Prasti, 1314990017 (2005) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Pada Saat Layanan Pembelajaran Kelas II SMU Negeri 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005.”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Pada Saat Layanan Pembelajaran Kelas II SMU Negeri 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005.”) - Published Version
Download (68Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah disiplin siswa dalam belajar di SMU Negeri 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005, bagaimanakah motivasi siswa dalam belajar di SMU Negeri 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005 dan adakah hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa pada saat layanan pembelajaran di SMU Negeri 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah disiplin siswa dalam belajar di SMU Negeri 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005, untuk mengetahui bagaimanakah motivasi siswa dalam belajar di SMU Negeri 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005, dan untuk mengetahui adakah hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa di SMU Negeri 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II sejumlah 131 siswa, penentuan sampel penelitian dengan teknik proposional random sampling berdasarkan ukuran sampel yang diperoleh dari tabel Krejcie didapatkan banyak sampel 98 siswa. Pengambilan data dengan menggunakan skala psikologis untuk mengukur disiplin sedangkan angket untuk mengukur motivasi siswa. Untuk mendapatkan validitas dari perhitungan diperoleh dengan menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk mendapatkan reliabilitas dari perhitungan diperoleh dengan menggunakan rumus alpha. Uji coba dilakukan pada siswa kelas II diluar kelompok sampel sebanyak 43 siswa dimana pernyataan yang tidak valid nomor 6,9,16,20,25,29,34,42,47,53,55,58,61,68,75, dan reliabilitas Skala Psikologis disiplin belajar diperoleh = 0,860, sedangkan reliabilitas angket motivasi belajar diperoleh = 0,831 dengan r (5%:50) diperoleh = 0,279. artinya hasil dari kedua instrumen penelitian reliabel. Hasil penelitian menunjukkan secara umum disiplin belajar siswa termasuk dalam kategori cukup baik sedangkan pada motivasi belajar termasuk dalam kategori baik, dengan besar hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar sebesar 0,915 dimana harga r tabel nya = 0,714, karena r tabel < r hitung maka berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar. Saran berdasarkan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan disiplin belajar siswa perlu adanya pembenahan kearah yang lebih baik yaitu jangan menunda – nunda tugas yang diberikan guru, jangan malas untuk belajar,. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa ada dua hal penting yaitu bagaimana agar siswa tidak malas untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa bila mengerjakan soal didepan kelas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 16 Aug 2011 02:28
    Last Modified: 16 Aug 2011 02:28

    Actions (login required)

    View Item