PENGARUH GAYA BELAJAR DAN EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD MIJEN KOTA SEMARANG


Rahayu Budi Wijayanti , 1401414078 (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH GAYA BELAJAR DAN EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD MIJEN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH GAYA BELAJAR DAN EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD MIJEN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan Indonesia berada pada kategori medium. Perbaikan kualitas pendidikan ini dapat dilakukan dengan perbaikan kualitas pembelajaran tidak terkecuali pada mata pelajaran IPS. Permasalahan tersebut juga terjadi di kelas IV SD Mijen Kota Semarang yang menunjukkan bahwa nilai mata pelajaran IPS terdapat beberapa yang belum mencapai KKM. Berdasarkan wawancara dengan guru, hal tersebut terjadi karena gaya belajar siswa yang bervariasi yang menyebabkan hasil belajar yang berbeda pula, dan kurangnya efikasi diri siswa. Penelitian ini bertujuan: mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPS; mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar IPS; mengetahui gaya belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 213 siswa dan sampel sebanyak 141 siswa kelas IV SDN di Kecamatan Mijen Kota Semarang dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS dengan kontribusi sebesar 42,8%. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan efikasi diri terhadap hasil belajar IPS dengan kontribusi sebesar 43,3%. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS dengan kontribusi sebesar 62,1 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPS kelas IV, terdapat pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar IPS kelas IV, serta terdapat pengaruh gaya belajar dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS kelas IV. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) hendaknya guru memahami gaya belajar siswa dan melakukan pendampingan agar siswa belajar sesuai dengan gaya belajar; (2) guru membimbing siswa yang kesulitan dalam belajar agar menumbuhkan rasa efikasi diri siswa yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri; Gaya Belajar; Hasil Belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:14
Last Modified: 14 Jan 2020 15:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34538

Actions (login required)

View Item View Item