KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SDN KALIGAYAM 02 KABUPATEN TEGAL


Dian Ayu Saputri , 1401415077 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SDN KALIGAYAM 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SDN KALIGAYAM 02 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SDN KALIGAYAM 02 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan kurang berhasilnya proses pembelajaran Bahasa Indonesia adalah guru masih kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model Mind Mapping ditinjau dari minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelas yang menggunakan model Mind Mapping dengan yang menggunakan model konvensional pada materi menulis puisi di kelas V. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kaligayam 02 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 38 dan siswa kelas V SD Negeri Kaladawa 02 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 38. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas. Dan analisis statistik data menggunakan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test, uji lebih baik menggunakan rumus empiris, dan one samples t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis minat belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (6,210 > 1,993), sehingga H01 ditolak. Perhitungan minat yang lebih baik menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata pada kelas eksperimen > kelas kontrol (2,94 > 0,68). Perhitungan uji keefektifan minat belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (18,059> 1,992), sehingga H0 ditolak. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,183 > 1,993), sehingga H01 ditolak. Pehitungan hasil belajar yang lebih baik menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata pada kelas eksperimen > kelas kontrol (8,55 > 0,92). Perhitungan uji keefektifan hasil belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (6,339> 1,992), sehingga H0 ditolak. Simpulan penelitian skripsi ini adalah penerapan model Mind Mapping terbukti efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa daripada model konvensional. Saran pada penelitian skripsi ini yaitu, peneliti selanjutnya agar mengkaji hal yang lebih mendalam dari model Mind Mapping dan menyempurnakan hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Minat Belajar, Model Mind Mapping, Pembelajaran Menulis Puisi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:11
Last Modified: 14 Jan 2020 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34537

Actions (login required)

View Item View Item